Balada nYukuR Kumis

Jadi juga gue nyukur kumis pagi ini. Ehm!! Subhanallah… balik lagi gue ke tampang yang sebenernya. Secara gue kan masih muda *ceile..maksud. Klinis dan keset2 bekas cukuran masih kerasa di atas bibir. Kalo jenggot, ah… masih kebentur sama sunnah Rasul. Lagian kayaknya cakepan pake Jenggot, maskulin banget *narsis abizz!!

Bermula tadi malam saat berkunjung ke kosannya Zeal dan temen – temen XP *Eks kosanku juga c. Si Hari tiba – tiba nyeletuk.

"Bang, kok sekarang kayaknya tampang Abang jadi tua banget," protesnya di ruang keluarga saat kami ngumpul bareng.

"Masa sih?" Jelas gua nggak percaya. Orang dari segi umur juga masih mudaan gue ketimbang dia.

Yah, walaupun dimana – mana gue dipanggil "Bang". Bahkan sampe di dalem Robinson pun dipanggil sama ibu – ibu.

"Bang, kalo ukurannya yang 36 ada nggak?"

Idih….emang gue cowok paan? Pasti gara – gara seragam kantor gue mirip seragam SPG yang lagi jaga konter pakaian dx*xx di Lantai dua Robinson Plaza Tangerang.

Nggak percaya dengan yang diomongin sama Hari gue langsung lari ke kamarnya menuju bongkahan cermin di dinding.

Busyet!! Beneran Jo. Koq gue jadi keliatan lebih tua dari si Hari ya?

"Tuh kan. Nyadar juga," tiba – tiba si Hari nyeletuk dari belakang. "Dicukur ajah tuh kumis sama jenggot. Berantakan banget," sambungnya lagi.

Gue mikir sejenak. Mengingat kapan terakhir kali gue cukuran . kalo rambut jelas baru satu bulan. Bulu – bulu yang laen? Hmm…. Oea, lebih dari dua bulan kayaknya. Pantes ajah tuh kumis dan jenggot tumbuh subur walau nggak dikasih pupuk.

"Yaudah. Emang udah lama gue nggak cukuran," akhirnya gue menerima usulnya Hari.

"Asyik!! Tapi, bukannya baru Ahad kemaren kita makan – makan, Bang?" Ndharu yang baru bis mandi dan masuk ke kamar tiba - tiba asal nyambung ajah.

"Cukuran kale bukan Syukuran. Awakmu itu lho Ru, makan terus pikirannya."

Mataku celingukan memeriksa seluruh isi kamar, mencari – cari pisau cukur yang lagi nganggur.

"Nggak punya Bang," Si Hari seakan tau apa yang sedang gue lakukan.

"Ya Ampun Har. Masa lo pada nggak punya pisau cukur satu pun. Ada berapa anak sih di rumah ini?"

"Ye…kita mah kalo cukuran rambut sekalian minta dicukur bulu yang laennya kali Bang," Ndharu nyambung lagi.

"Haa!! Bulu yang laen juga? Gila lo pada. Atau Barberman nya yang ngaco mo aja liat lekuk tubuh lo," gue bergidik plus merinding.

"Amit – amit! Mikirnya kemana si Abang teh."

Jadilah tadi malam gue nggak pulang coz sakit kepala bukan main bikin males berdiri *dih hubungannya apa sama pisau cukur ya?. Setelah menikmati satu mangkuk sekuteng, kepala yang tadinya serasa berat kembali ringan. Jam dua belas gue baru bisa tidur bikin bangun pagi gue sedikit terlambat dari biasanya. Adzan di Musholla depan Kosan baru aja selesai dilanjutin dengan lantunan Shalawat Pak Badu yang rutin setiap subuh.

Ba'da subuh selesai tilawah dan tadabbur 15 menit buru – buru gue tinggalkan Kosannya Hari. Bersama Wawan, gue sudah ada janji untuk latihan Nasyid bareng LIMA di kamar gue. Sampai di rumah kaget bukan kepalang lihat rendaman cucian yang kemaren belon gue apa – apain.

"Aduh! Gue ngucek dulu ya. Takut bau," pinta gue pada temen – temen yang sudah ngumpul dan rapih.

Untunglah pada mau mengerti posisi gue. Setelah 15 menit berjibaku dengan pakaian kotor tersebut, gue bisa nimbrung juga menyumbangkan suara emas gue di LIMA *idih…orang cuman beking pokal doank.

Jam 7 usai, gue langsung cabut menuju Kamar Mandi di lantai satu. Pas buka pakaian, mata gue tersentak dengan pemandang di cermin. Oala…h. hampir gue lupa harus nyukur kumis dan jenggot sesuai pesenan Hari dan Ndharu tadi malam.

Tanpa Ba-bi-bu gue buka kamar mandi dan langsung mengambil pisau cukur di kamar. Waduh!! Gue baru nyadar kalo yang gue pake cuman CD doank pas udah ada di kamar. Innalillahi…. Sepanjang tangga dan lorong menuju kamar, gue lari – larian tanpa pakaian yang menutup aurat *kebayang g sih??.

Untungnya gue menuju kamar *nih kalo melayu rugi banyak pun masih ngomong UNTUNG. Jadinya gue bisa pake celana panjang yang ada di lemari.

Syukurlah akhirnya proses cukur kumis dan jenggot berlangsung lancar *maksud?. Sampe di kantor gue masih sibuk ngaca dan mengelus – elus bagian bawah hidung yang berasa "aneh" sampe briefing pagi dimulai.

Post a Comment

0 Comments