Andrea Hirata Kagumi Film Laskar Pelangi

Sebagai pengarang novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata mengaku takjub atas apa yang dikerjakan oleh Mira Lesmana dan Riri Riza dalam mengadaptasi novelnya ke dalam film. Menurutnya, Mira dan Riri telah berhasil memberikan sesuatu yang baru dibandingkan dengan apa yang ada di dalam novel.

"Riri adalah orang yang sangat berbakat, dengan kekuatan riset yang dilakukannya ia berhasil menghadirkan berbagai elemen, yang mungkin terlupakan oleh atau memang tidak mendapatkan porsi di dalam novel," ujar Andrea ketika ditemui dalam acara press conference film Laskar Pelangi pada Senin (22/9) siang, di Planet Hollywood Jakarta.

Baginya, setelah menyaksikan film Laskar Pelangi secara utuh, telah memberikan tiga hal yang sangat menggugah hati. Pertama adalah ia seperti menyaksikan memorinya kala kecil. "Merasakan masa kecil kita di dalam film menimbulkan perasaan yang luar biasa," tambah pria yang memiliki nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun. 

Selanjutnya dikatakan Andrea, meski film ini menggunakan tekhnik syuting yang tinggi, namun hasilnya tidak melupakan message di dalam cerita. "Dari awal saya selalu cemas akan keseimbangan porsi karakter yang ada, karena banyak karakter dalam film, tapi nyatanya Riri berhasil menyesuaikannya, terutama pada dua karakter utama, Lintang dan Bu Muslimah," ujar pegawai PT Telkom ini.

Hingga pada akhirnya, Andrea mengaku tidak perlu mencemaskan kekhawatiran para pembaca setianya akan ceritanya di film yang akan berbeda dengan novelnya. "Yang pasti novel dan film memiliki perbedaan, dan seperti yang saya bilang tadi, Riri berhasil meng-capture apa yang saya tidak bisa tulis dan kembangkan di dalam novel," tambah Andrea.

"Mungkin saya bisa katakan bahwa lebih bagus filmnya ketimbang novelnya," puji Andrea.

Jarang-jarang nih ada penulis memuji versi layar lebarnya. (www.21cineplex.com)

Post a Comment

0 Comments