Review Konser Perdana IC2 : Gita "Kecewa" Tinggal Kelas Duluan

Nggak ada yang menyangka Gita Tobing akan tinggal kelas, termasuk aku. Rapor Idola Cilik kemaren memang sedikit mengecewakan. Tapi, begitulah kompetisi yang menjadikan SMS sebagai parameter yang menetukan menang atau tidaknya kontestan. Kadang hasilnya tak sesuai yang diharapkan.

Membawakan lagunya Bunga Citra Lestari yang berjudul Kecewa, Gita menutup perjalanannya di Pentas Idola Cilik sore kemarin. Yang bikin aku salut Gita juga terlihat tegar.

Sayang sekali, padahal buat aku yang pantas tinggal kelas justru Olin. Rapor bayangan sebelumnya juga sempat mengagetkan dimana Obiet, Cahya, Patton, dan Agni ternyata mendapat rapor merah. Deuh, kenapa yang bagus – bagus malah nggak aman?

Kalau posisi Agni udah bisa ditebak sebelumnya mengingat penampilannya di kontes Idola Cilik Sabtu (20/12) kemarin tak begitu mulus. Ketinggian dan tampak memaksa. Kak Uci Nurul bersikeras bahwa saat latihan Agni bagus – bagus saja. Kondisi seraklah yang membuatnya seperti lelah kemarin terlepas dari dinaikkannya pitch nada dasar lagu Samson yang dibawakannya.

Obiet? Wah… aku baru pertama denger ni anak nyanyi sabtu kemaren. Asli!! Subhanallah… bagus banget bawain lagu Sedari Dulu nya Tompi. Dengan gayanya sendiri, falsetto yang pas… aku mengakui kalau Obiet memang stabil saat bernyanyi. Secara juga ayahnya ternyata Guru Vokal. Hal yang menggangu hanya koreografinya saja terlihat berlebihan. Heheheh…koreksi buat Uncle Jo.

Beda lagi Patton anak Jakarta. Weuh!! Pembuka yang sempurna. Itu kesan aku saat melihat Patton menyanyikan lagu Kerispatih yang berjudul Demi Cinta. Improvisasinya keren abizz. Kayaknya si Sammy kalah tuch.

Cahya memang sedikit kehilangan aura kanak – kanaknya. Tapi, ekspresi Cahya di lagu Cinta terlihat tulus sekali. Dan kalau teknik vocal, Cahya memang udah jagonya. Mungkin hanya perlu belajar menghaluskan suara ketika menyanyikan nada – nada tinggi biar tak terlihat memaksa. Deuh, aku dah kayak guru vocal aja neh, ngomentarin kayak gini.

Perform yang paling Powerful buat aku adalah Bastian. Ihyy… niy anak Lucu bener. Ngegemesin. Mulai dari gayanya, koreografinya yang “beda”, style yang kanak – kanak, dandanan yang pas, sampe teknik bernyanyinya. Bastian is Powerful. Kepompong? Wah…Bastian Banget!! Makanya saat dibagikan Rapor, aku sangat terkejut melihat Bastian mendapat rapor Merah. Apalagi saat itu berdampingan dengan Gita. Ya ampun!! Masa diantara mereka berdua harus ada yang tinggal kelas secepat ini?

Sebelumnya aku menyangsikan kemampuan bernyanyi Cakka. Cakka yang bisa dikunjungi di www.cakkanuraga.com ternyata nggak jelek – jelek amat. Yah, nggak cuman modal tampang seperti kata beberapa pecinta Idola Cilik. Suara juga lumayan.

Penampilan pertama Irsyad di Kontes 14 besar ini tak begitu mengesankan buatku. Yah, selain banyak nada yang lepas, Irsyad tampil biasa aja. Apalagi dandanannya yang deuh…. Jadul abiz. Kayak Om – om tahun 80an.

Dari 14 peserta, hanya Rahmi yang memang sudah matang dari teknik Vokalnya. Pokoknya kalo bandingin semuanya, Rahmi paling atas posisinya. Hanya yang perlu Rahmi tingkatkan adalah kemampuaannya memaknai lagu supaya ekspresinya bisa menyesuaikan dengan makna lagunya. Penampilan Rahmi kemarin pun TOP BGT.

Oik dan Abner aku tak lihat. Sholat Ashar bo’. Kepotong dah. Tapi nggak pa – pa. Oik yang imut bagus banget pas aku lihat reviewnya kemaren di rapor Idola Cilik. Cuman nada – nada rendah sepertinya Oik memang harus terus belajar. Bagaimana menyiasatinya. Terlihat sekali di lagunya Alm. Chrisye feat Waljinah kemaren. Abner dengan lagu Sang Penghibur juga tak kalah keren.

Ourel, yah…masih biasa saja. Jadi kalaupun Ourel kemaren harus tinggal kelas tak begitu masalah. Nah, ini – ni yang harusnya tinggal Kelas. Olin yang dari Maluku. Duh….. Ancur dah. Aku memang nggak lihat performance Olin sebelum – sebelumnya. Tapi kemarin, kayaknya Olin nggak bisa disandingkan dengan 13 Finalis yang laen. Masih harus banyak belajar Lin, diluar Olin gugup dan sebagainya.

Nah… yang ditunggu – tunggu. Debo, selalu bikin terharu. Walaupun nggak sebaik penampilan pertama debo dengan Lagunya Seventeen, tapi perform Debo kemarin masih bikin aku dukung penuh buat Debo jadi Runner Up di Kontes Idola Cilik 2 ini. (hihiihi - The Winner tetep Rahmi lho).

Debo masih bisa bikin aku nangis inget Ibu. Rapor Idola Cilik pun dibuka Debo dengan lagu Kasih Ibu. Semua performnya dengan lagu – lagu sedih buat Ibunya yang sekarang di tanah perjuangan, berjuang buat keluarganya. Debo mungkin sekali kali boleh bawain lagu yang sedikit ceria, biar tahu kalau Debo itu Jago untuk semua warna music. Aku request ke Om Adi biar Debo bisa bawain lagunya Vidi ato om Faris RM yang Judulnya Nuansa Bening. Pengen tahu vibranya Debo di lagu itu bakal seperti apa.

Secara keseluruhan, penampilan mereka bagus walaupun ada beberapa yang menurun kalau dibandingkan dengan penampilan mereka sebelumnya dengan lagu yang sama.

Nah, siapa yang bakal nyusul Gita untuk tinggal kelas. Kita tunggu aja pekan depan.

Hohoho…aku Ujian euy’ tak bakal sempat nonton. Tapi Insya Allah disempatkan reviewnya dengan lihat perform video mereka di Youtube. Mudah-mudahan ada yang upload.

Post a Comment

0 Comments