Tiga Kaleng Cola


Cerita mengenai 3 kaleng coca cola ini saya dapat dari bukunya Merry Riana, A Gift From Friend, maknanya sangat bagus mengenai nilai dari sebuah barang yang sama yang disuguhkan atau diletakkan di tempat yang berbeda:


Ada 3 kaleng coca cola, ketiga kaleng tersebut di produksi di pabrik yang sama.


Ketika tiba hari distribusi, sebuah truk datang ke pabrik, mengangkut kaleng kaleng coca cola dan menuju ke tempat yang berbeda untuk pendistribusian.


Pemberhentian pertama adalah supermarket lokal. Kaleng Coca cola pertama diturunkan disini. Kaleng itu dipajang di rak bersama dengan banyak kaleng coca cola lain nya dan diberi harga Rp. 4000.


Pemberhentian kedua adalah pusat perbelanjaan besar. Disana, kaleng kedua diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan dalam kulkas supaya dingin dan dijual dengan harga Rp. 7500.

Pemberhentian terakhir adalah hotel bintang 5 yang sangat mewah. Kaleng coca cola ketiga diturunkan disana. Kaleng ini tidak ditempatkan di rak atau di dalam kulkas. Kaleng ini hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari pelanggan. Dan ketika dikeluarkan, kaleng ini dikeluarkan bersama dengan gelas kristal berisi es batu.


Semua disajikan diatas baki dan pelayan hotel akan membuka kaleng coca cola itu, menuangkan nya kedalam gelas dan dengan sopan menyajikan ke pelanggan. Harganya Rp. 60.000.


Sekarang, pertanyaan nya adalah: kenapa ketiga kaleng tersebut memiliki harga yang berbeda padahal diproduksi di pabrik yang sama, diantar dengan truk yang sama bahkan mereka memiliki rasa yang sama?


Itu karena lingkungan anda mencerminkan harga anda. Di lingkungan yang tepat harga sebuah kaleng coca cola yang sama dapat dihargai dua kali atau bahkan sepuluh kali lipat dari kaleng coca cola yang lain.

Bagaimana dengan Lingkungan anda? sudahkah anda memilih untuk berada di linkungan yang tepat, sehingga label harga anda juga akan meningkat dua kali, tiga kali atau bahkan puluhan kali lipat. 


Apa yang dimaksudkan dengan lingkungan yang tepat? Yaitu dengan siapa anda bergaul, buku seperti apa yang anda baca, seminar seperti apa yang anda hadiri.


Tidak heran salah seorang pembicara terkenal mengatakan: " 5 tahun dari sekarang anda adalah buku yang anda baca dan orang yang anda ajak bergaul. "


Wow… then kita bisa dong secara sengaja memilih nilai diri kita supaya meningkat dengan secara sengaja memilih lingkungan dan apa yang masuk ke dalam diri kita? Dengan secara selektif memilih buku yang kita baca, film yang kita tonton, musik yang kita dengar, dan teman teman dimana kita bergaul setiap harinya.


Pilihlah dengan selektif, karena itu akan menentukan label harga anda 5 tahun dari sekarang, atau bahkan kurang.


Repost from my Multiply :
http://satria248.multiply.com/journal/item/134/3_Kaleng_Cola

Post a Comment

2 Comments

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda