Lempah Kuning : Manis Asem Pedes yang Yummy Pisan

Dua Bulan lalu, chef Farah Quinn baru saja menyambangi kantor detik persis sebelah kantorku. Dan kemarin aku juga nganterin ayah balik ke Bangka setelah ikut Muktamar NU di Makassar. Tapi posting kali ini sebenernya ngga ada hubungan khusus dengan dua kejadian tadi. Aku hanya merindukan masakah Ibu yang uenak luar biasa ini.

Lempah Kuning, mungkin terasa asing bagi sebagian besar warga MP. Tapi tidak buat masyarakat Bangka Belitung, ataupun warga pendatang yang tinggal di Bangka Belitung. Lempah Kuning adalah lauk khas Bangka. Manis - Asem - Pedas, tiga kata itulah yang mendiskripsikan kelezatan masakan ini.

Penyuka masakan laut jangan pernah melewatkan untuk mencicipi Lempah Kuning. Lauk ini berbahan dasar ikan. Bisa ikan Kakap, Kepetek, Belanak, Berujung, Gerisi, bahkan semua jenis ikan laut dan ikan sungai di Bangka layak dijadikan Lempah Kuning.

Buat ibu - ibu di rumah yang penasaran, bolehlah coba membuatnya. Berikut resep yang kudapat dari Blog Makanan Khas.


- 1 ekor (� 1 kg) ikan kakap merah/ Kembung/ Tenggiri/ Kue/ Gurisi dll
- � liter air
- 300 gr nanas, dikupas, di buang matanya dan dipotong berbentuk segitiga ( bebas)
- 50 ml asam jawa.
- 1 sendok teh garam ( secukupnya)
- 1 sendok teh gula ( secukupnya ) <== dimaksud sbg pengati Micin/Vetsin Haluskan: - 10 buah cabe merah ( disesuaikan dengan selera ) - 3 siung bawang putih - 1 cm kunyit bakar ( agar aromanya lebih terasa ) - 1 sendok teh terasi goreng/Bakar, ( paling enak menggunakan terasi bangka ) Cara membuat Lempah Kuning Makanan khas Bangka : Ikan disiangi ( di bersihkan sisiknya dan kemudian di potong menjadi 3 bagian (atau potong dgn ukuran proporsional), sisihkan. Bumbu di goreng dengan minyak goreng 1 sendok makan sampai keluar aroma dan masukkan air sampai mendidih, masukkan nanas, ikan dan air asam, bumbu garam dan gula/micin, masukkan ikan sampai bumbu meresap dan angkat sajikan selagi hangat. Simple tapi sedap......... Nah, kalo udah bikin jangan lupa dikirim ke aku ya... hehehe


Lempah Kuning juga akan lebih sedap jika ditambah dengan Nanas muda. Niscaya akan menambah sedapnya masakan khas Bangka yang satu ini.

sumber gambar :
http://greenpensieve.multiply.com/recipes/item/2

Post a Comment

0 Comments