3 Idiots - Kisah 3 Mahasiswa yang Inspiratif

Dua malem berturut – turut menyaksikan film India “3 Idiots” yang luar biasa. Akibatnya bangun kesiangan dan sedikit uring – uringan sehingga memutuskan untuk berangkat kantor naik Bis saja biar bisa menyambung tidur yang terhenti.

3 Idiots, aku tahu film ini waktu nonton Avatar awal Januari lalu di Blitzmegaplex. Liat posternya dan nama pemainnya Aamir Khan dan artis bollywood paling hot, Kareena Kapoor, aku langsung tau ini Film India. Waktu itu aku hanya mengira film ini sebagaimana kebanyakan film India lainyya yang berebut harta dibalut percintaan, trus pak pulisinya datang terlambat. Tentunya beda dengan My Name is Khan ataupun Slumdog Millionaire yang memang bukan produksi Bollywood.

Tapi sejak membaca blog Bang Andy Noya, aku jadi tertarik  dengan kisah 3 sahabat ini. Tapi blom kesampaian juga sampai akhirnya Mas Ukas mengupdate twitternya tentang film ini sehingga membuatku langsung meminta beliau untuk mengirimkan file film tersebut, barter dengan buku TOEFL, begitu katanya.

Memang aku ngga nonton di Bioskop, hanya lewat layar kecil laptop si Jeje. Tapi ceritanya sangat Inspiratif sehingga nonton 2 kali tak membuat bosan.

ICE (Imperial College of Engineering) adalah sekolah teknik pencetak Insinyur ternama di India. Set ini saja sudah mengingatkanku akan Kampus kami tercinta yang sekarang tinggal kenangan, Politeknik Gajah Tunggal. Farhan, Raju, dan Ranchoo adalah 3 sahabat yang kuliah disitu layaknya aku, Jeje, dan Wawan.  Masa – masa OSPEK yang aneh terutama di asrama mirip sekali dengan yang kami terima saat masuk asrama Politeknik Gajah Tunggal.

Kakak tingkat yang “bengis” hingga wajar saja kami sebagai Mahasiswa baru menurut saja dengan perlakuan mereka. Viru Sastrabuddhi (ngetop dengan ViruS oleh mahasiswanya) adalah Rektor dengan segudang kediktatorannya selalu menginginkan para mahasiswa baru belajar dan menjadi nomor satu persis  Mr. BIG (Direktur Poltek GT) yang dengan gayanya khas meyakinkan kami bahwa kami adalah pilihan terbaik dari sekian ribu calon Mahasiswa yang medaftar ke kampus beasiswa Ikatan Dinas tersebut.

Oke sekarang kita fokus ke jalan cerita 3 Idiots yang tentunya akan sangat panjang mengingat film ini berdurasi hampir 3 jam, seperti film India pada umumnya.

Scene dibuka dengan pertemuan Raju dan Farhan dengan Cathur. Sepuluh tahun sebelumnya mereka berikut Ranchoo bertaruh bahwa akan bertemu lagi di tanggal yang sama untuk “memamerkan” kesuksesan masing – masing. Cathur yang saat kuliah selalu nomor dua  dari Ranchoo saat itu telah menjadi Bos sebuah perusahaan yang siap menandatangi kerjasama dengan seorang Ilmuwan dengan 400 hak paten di dunia, Punshukh Wangdu.

Raju yang berasal dari keluarga miskin bahkan sudah mempunyai rumah dan Isteri. Begitu juga dengan Farhan telah menjadi Fotografer handal sesuai dengan cita – citanya. Tapi dimana Ranchoo? Yups, ketidakjelasanlah yang mereka dapatkan karena sejak hari terakhir di kampus ICE, Ranchoo tak pernah lagi tampak batang hidungnya di hadapan mereka bahkan di hadapan wanita yang dicintainya, Phia. Padahal Ranchoo adalah lulusan terbaik di kampus itu.

Cerita akhirnya berlanjut dengan pencarian dimana Ranchoo berada… Alur cerita pun mulai mundur ke set dimana mereka mulai kuliah di ICE. Kehadiran 3 mahasiswa “Idiots” ini ternyata memberikan warna baru di kampus mereka. Apalagi Ranchoo yang selalu berpikir out of the box senantiasa mampu menciptakan hal – hal baru serta sedikit “Gokil”.

Rancho selalu jadi nomor satu sedangkan Cathur selalu di posisi kedua. Sedangkan Farhan dan Raju selalu di posisi dua terbawah. Bagaimana tidak ? Farhan ternyata tak tertarik sama sekali dengan ilmu teknik. Ia hanya teratarik dengan Fotografi. Hanya saja ia tak mau mengecewakan ayahnya yang ingin dia menjadi Insinyur.

Sedangkan Raju yang berasal dari kelas bawah selalu tertekan dengan harapan keluarganya untuk menjadi Insinyur dan mampu membangkitkan kondisi ekonomi keluarga. Lain lagi Ranchoo yang ternyata masih misterius. Tapi dari Virus, Farhan dan Raju tau kalau Ranchoo dari keluarga yang sangat berada. Pendapatan keluarganya 100 kali lipat di atas pendapatan keluarga Farhan atau 1000 kali lipat dari Raju.

Film ini luar biasa menurutku… Banyak pesan yang bisa diambil. Jauh lebih banyak ketimbang My Name is Khan maupun Slumdog Millionaire. Selain itu banyak adegan – adegan yang mengharukan yang kalau ditonton sendiri sangat menguras air mata. Terutama tentang persahabatan Raju – Ranchoo – Farhan.

3 Idiots salah satunya berpesan agar setiap orang tua tak memaksakan kehendaknya kepada anaknya. Ini terjadi pada Farhan yang terpaksan kuliah di ICE demi ayahnya. Padahal niatnya sangat kuat untuk menjadi Fotografer. Tapi Ranchoo berhasil meyakinkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya sehingga Farhan memberanikan diri untuk mengungkapkan semua pada ayahnya. Realita seperti ini sepertinya tak hanya dirasakan anak – anak India, tapi juga di Indonesia. Aku dan adik – adikku tentunya beruntung punya ayah yang tidak memaksakan anaknya sehingga kami bebas ingin melanjutkan kemanapun. 

Aal Izz Well – Ikuti kata hatimu. Kata – kata dahsyat sepanjang film tersebut.

Film ini ternyata mencatat rekor fantastis di minggu pertamanya bahkan di Luar Negeri pun Berjaya. Di Indonesia pun baru rame akhir – akhir ini karena awal januari kemarin 3 Idiots harus bersaing dengan Avatar. 3 Idiots pun akhirnya tercatat sebagai film India terlaris sepanjang masa, Ruaarr Biasa. Seperti film India pada umumnya, akan banyak adengan nari2 plus nyanyi termasuk di bawah hujan. Hehehe….

Bunuh diri pun diangkat di film ini, dan alasan terbesar bagi pelajar bunuh diri adalah tekanan keluarga dan sekolah. Kita juga tahu tahun ini saja ada dua pelajar di Indonesia yang bunuh diri gara – gara tak lulus Ujian Nasional. Dan Raju pun hampir menjadi korban “bunuh diri” manakala dia dihadapkan dengan pilihan dirinya yang harus dikeluarkan dari ICE atau Ranchoo yang telah banyak membawa perubahan besarb bagi hidupnya.

Wah – wah, kalau mau ditulis banyak sekali pesan yang bisa diambil dari kisah inspiratif ini. Dan kisah ini sama sekali tak mudah tertebak hingga akhir film. Apalagi sejak Farhan dan Raju kaget ketika bertemu dengan Ranchoo yang tak seperti mereka kenal. Semakin tidak paham siapa yang bersama mereka selama ini di ICE.

Sangat Recommended. Teman – teman harus menonton film ini. Selain ceritanya yang bagus – inspiratif – gokil (kocak abis), lagu – lagunya juga bagus.

Yang aku salut dengan Ranchoo adalah dia tak sekedar mengejar impian menjadi Insinyur, tapi juga membantu teman – temannya mewujudkan impian mereka. Ranchoo juga berpesan kalau kita tak perlu mengejar kesuksesan. Tapi kejarlah kesempurnaan (all out thd yang kita lakukan/ maksimal dalam proses). Karena Sukses hanya efeknya saja yang tentunya akan mengejar kita ketika kita melakukan semuanya dengan maksimal dan keikhlasan.

Jadi, siapa Ranchoo yang sebenarnya ? Berhasilkah Farhan – Raju – Phia – dan Cathur menemukan Ranchoo ?

dari 5 jempol, semuanya aku kasih buat film ini…. You must see it ;)

Aal Izz Well


Post a Comment

4 Comments

  1. Aku sukaaa filmnya. Nggak terduga.
    Btw, Aal Izz Well bukannya maksudnya All Is Well ya? Bukan Ikuti Kata Hatimu?
    Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  2. @Una,
    Iya maksudnya sih seperti itu kalo secara bahasa :-D

    ReplyDelete
  3. saya nonton film ini tiada bosan. Banyak makna yg dapat kita ambil. Ada lg gak ya film yg serupa dgn 3 idiots?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya.
      COntohnya "Tare Zameen Par" <~ Bollywood juga
      trus film2 yang memotivasi itu seperti : Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Serial Dream High (Korea)

      Delete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda