Telepon Gratis Internasional dari Google

Baru saja kemarin aku mendapatkan informasi dari Kassa9 yang dilansir dari CNET bahwa dalam satu pekan terakhir Google telah melakukan uji coba telepon internasional melalui kanal chat yang tersedia di GMail. Sebuah penawaran menarik mengingat selama tahun 2010, Google malah menggratiskan semua penggilan menuju Amerika Serikat dan Kanada. Mulailah aku mengingat - ingat, siapa teman yang saat ini ada di US atau Kanada sehingga aku bisa mencoba telepon gratis dari Google ini.


Fitur ini memang belum diumumkan kemarin karena saat aku membuka Akun Gmail, belum ada icon telepon di bagian chat seperti yang diberitakan. Oke, mungkin layanan ini baru untuk wilayah Amerika karena Google selalu menguji coba layanan mereka disana.

Tapi hari ini, alangkah terkejutnya aku saat login di email Gmail karena fitur tersebut telah ada. Waw! It's so fantastic. Sayang tak satu pun keluarga atau sahabat yang saat ini tinggal di US atau Kanada. Kebanyakan teman - temanku ada di Jepang, Qatar, Aussie, dan Jerman. Jadi aku belum bisa mencoba layanan yang sangat menguntungkan ini.

Selain layanan voice (suara) kita juga bisa memanfaatkan layanan video call. Ini tentunya berbeda dengan Video chat yang tersedia di Gmail karena layanan telepon ini memungkinkan kita bisa menghubungi nomor telepon lokal, mobile (seluler), maupun satelit di negara lain. Dan pastinya untuk telepon ke US dan Kanada digratiskan, sedangkan untuk negara lain dari Indonesia menurutku lumayan murah jika dibandingkan layanan Telepon VoIP Telkom (01017), Indosat (01016), Mobile-8, SLI Bakrie (009) apalagi kalau dibandingkan dengan layanan SLI premium. Tabel tarif bisa dilihat disini dengan satua mata uang US Dollar.


Menelepon ke Australia kita hanya dikenakan $0.02 atau sekitar Rp.180 per menit nya. Begitu pula ke malaisya dan Singapura. Cukup murah bukan ^^

Untuk menikmati layanan ini tentunya ada beberapa requirement yang harus dipenuhi seperti harus punya web cam untuk dapat menikmati video call, serta mic dan speaker tentunya. Dan setelah menyetujui pesan saat kita mengklik layanan telepon ini, kita akan digiring ke halaman instalasi voice dan video chat. Sampai saat ini aku memang sangat puas dengan layanan Google, mulai dari email, iGoogle, Picasa, Blogspot, Youtube, Gtalk,  sampai Google Docs layanan office pengolah dokumen, spredsheet, form, graphic, dan presentation.


Post a Comment

0 Comments