Juara Nelpon 0 Rupiah Nyatanya Mahal

Akhir - akhir ini kita memang dipusingkan dengan promo operator Telepon yang gila - gilaan namun tidak transparan. Sekian banyak operator Indonesia (Sebagai salah satu negara dengan jumlan Operator Telepon terbanyak di dunia), memang hampir tidak pernah jujur soal tarif terlebih tarif telepon setelah aksi Gila XL beberapa tahun lalu yang menurunkan tarif per detik hingga 1 rupiah bahkan, 0,000..........1 rupiah (mana ada duit segini), tentunya dengan tanda bintang kecil Syarat Ketentuan Berlaku yang hanya bisa diakses di web masing - masing operator.


Dan baru - baru ini muncul promo tarif dari operator GSM termuda, AXIS, yang menyebut tarifnya tarif juara Rp.0. Ini mungkin untuk melawan tarif murah serupa yang digelontorkan oleh Tri sebesar Rp.99,-

Berikut keterangan Resmi di web AXIS tentang tarif 0 rupiahnya



Jika kita perhatikan, promo juara nelpon kemana saja sepertinya hanya berlaku untuk ke sesama saja. Benar yakni setelah telepon 100 rupiah bisa nelpon gratis alias 0 rupiah. Tapi itu pun hanya berlaku di jam tertentu yakni sampai jam 11 siang. Tak jauh beda dengan tarif combo XL sampe jam 11 bisa nelpon 600 rupiah sampai puas ke SESAMA.

Untuk jam lain tentu makin mahal. Sedikit bisa disimpulkan ada "kenaikan tarif" terselubung disini dimana tarif sebelumnya, nelepon ke sesama AXIS hanya 900 sampai puas pada jam apapun.

Bagaimana dengan menelepon ke OPerator lain?

Kalau dihitung dengan seksama lagi selama 240 detik awal pelanggan dikenakan tarif Rp.10,- yang artinya selama 4 menit kita harus kehilangan pulsa sebesar Rp.2400,- baru bisa menikmati tarif "juara". Itu pun hanya selama 2 menit saja. Jauh lebih mahal dari tarif AXIS sebelumnya yakni Rp.900,- untuk 3 menit telpon ke operator mana saja dan kapan saja. Jauh lebih mahal dari Tri yang hanya Rp.99/menit meskipun hanya berlaku selama 100 menit dalam satu bulan setelah pulsa kita ikut dipotong sebesar Rp.99/hari atau Rp. 2800 per bulan.

Lantas, pantaskah tarif 0 rupiah ini disebut tarif juara? Semoga Operator di Indonesia makin transparan dan memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Ayo Jadi Konsumen Cerdas! ;)

Post a Comment

4 Comments

  1. Operator telepon di indonesia banyak nipunya.

    ReplyDelete
  2. Betul bro ;)
    Susah nyari Operator yang Baik :D [Hanya sekedar slogan]

    ReplyDelete
  3. saya ga pernah percaya dengan tarif nelpon dari operator mas, kalo sms mungkin saya percaya.... karena ketauan

    salam kenal

    ReplyDelete
  4. @Abdul
    Salam kenal juga ya ;)
    Sejauh ini tarif yg transparan hanya dari SMART ;)
    Kalo sms sebagian jg msh banyak yang "nipu"

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda