Sekarang, Pesan Tiket Sriwijaya Air Bisa lewat Internet

Yeay! Kabar gembira buat teman - teman pelanggan setia maskapai penerbangan Indonesia. Per 11 Oktober 2010 kemarin, Sriwijaya Air meluncurkan layanan terbarunya Internet Booking. Memang jauh terlambat dibandingkan dengan maskapai lain seperti Mandala Air, Lion Air, Batavia, Citilink, atau sekelas Garuda Indonesia.

Layanan Internet Booking ini tentunya sangat membantu orang seperti saya yang sering bepergian keluar kota menggunakan jasa transportasi pesawat. Pasalnya, karena ngga mau repot, saya lebih memilih bertransaksi lewat Internet ketimbang harus ke travel atau bahkan ke Kantor Perwakilan maskapai yang bersangkutan.

Mudik 2010 kemarin misalnya, Aku dan dua adikku yang di Tangerang, memilih mudik dan balik menggunakan Sriwijaya Air yang waktu itu belum membuka layanan Internet Booking. 

Sebenarnya, dari sekian maskapai aku paling suka naik Mandala Air. Dan rencana awal mudik tahun 2010 ini ke Pangkalpinang akan menggunakan jasa maskapai tersebut. Jauh - jauh hari bahkan (Bulan Maret 2010) aku sudah membooking 2 tiket return (bolak - balik) Jakarta - Pangkalpinang untuk lebaran. Tapi ada untungnya aku telat membayar "tagihan" karena ternyata tanpa konfirmasi sebelumnya, aku mendengar kabar dari salah seorang sahabat di Facebook mengatakan bahwa rute penerbangan Mandala ke Pangkalpinang sudah ditutup karena alasan operasional. Padahal, baru Januarinya aku dan adikku pulang kampung naik Mandala.

Mandala kupilih selain harganya relatif miring, pesawatnya juga bagus - bagus karena menggunakan jenis AirBus. Meskipun demikian, di Mandala kita tidak akan menemukan Pramugari membagikan makanan (snack) seperti di Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, atau Batavia Air. Yang ada, para Pramugari membagikan katalog "bahan jualan" berbagai macam merchandise yang harganya cukup mahal dengan kualitas seadanya. Kenapa kubilang seadanya, karena adikku pernah membeli Jam Tangan di Mandala karena desainnya bagus dengan harga sama membeli di Mall, tapi ternyata baru beberapa hari sudah rusak. Artinya, jika dibeli di tempat lain dengan kualitas yang sama, pasti harganya lebih murah.

Enaknya juga naik Mandala, maskapai ini berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Terminal ini sangat nyaman dibandingkan dengan terminal 1, 2, atau terminal Haji. Selain itu, ada Mall di dalam terminal yang cukup nyaman dengan fasilitas free wifi. Kalau dulu, hanya Mandala seorang yang ada di terminal 3, sekarang Air Asia juga sudah pindah kesana.

Maskapai kedua yang jadi pilihan adalah Sriwijaya Air. Selain nyaman, maskapai ini membuka 5 penerbangan menuju Pangkalpinang. Jadi aku bisa memilih sesuka hati mau berangkat jam berapa. Belum lagi fasilitas snack yang lumayan enak kalau dibandingkan dengan Batavia. Tapi sayang, pesan tiket Sriwijaya Air lumayan "ribet" ketimbang yang lainnya (Sebelum era Internet Booking).

Terutama saat persiapan mudik tahun ini. Betapa aku harus bolak balik Bandara Soetta - Kos2an. Untungnya tidak begitu jauh sehingga aku bisa memilih pagi hari sehabis Sahur dan Shalat Subuh ke Bandara dimana lalu lintas belum bagitu parah. Saat itu, pemesanan tiket hanya bisa dilakukan lewat telepon. Lalu, kita akan mendapatkan Kode Booking yang dengan kode tersebut bisa ditukarkan di agen terdekat atau kantor perwakilan Sriwijaya Air.

Ribetnya lagi, banyak agen yang tidak mau memberikan tiket dengan alasan stok mereka pun sedikit. Aku cukup maklum karena harga tiket yang sudah kubooking nggak bakal bisa dimanipulasi (dinaikkan) harganya. Karenanya, satu - satunya tempat untuk menukarkan kode booking berlimit 24 jam tersebut adalah kantor perwakilan Sriwijaya Air atau Bandara.

Jadi kesimpulannya, layanan Internet Booking yang baru diluncurkan oleh Sriwijaya Air pasti sangat bermanfaat. Seperti maskapai lainnya, kita bisa memesan langsung secara realtime, bahkan mengecek harga dan kelas seat yang tersedia. Dan pastinya lagi pemesanan ini cukup dilakukan di depan Laptop atau PC, karena pembayarannya selain bisa menggunakan ATM BCA, juga bisa dilakukan via Internet Banking BCA.

Semoga dilain kesempatan Sriwjaya Air mengembangkan layanan Internet Booking ke mobile booking seperti yang dimiliki oleh Mandala. Sehingga, layaknya mobile banking BCA, pembelian tiket bisa dilakukan dimana saja melalui handphone.

Nb : lagi lagi saya ngga dibayar Sriwijaya untuk menulis review ini ^^

Post a Comment

0 Comments