Mengatasi Print Spooler Service not Running

Hari ini saya mencoba Install Driver printer jadul saya Canon PIXMA iP1300 karena Laptop harus diinstal ulang. Sayangnya, hingga saat ini saya belum menemukan driver Canon iP1300 untuk Ubuntu. Pernah menemukan beberapa blog yang membahas, baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi tak satu pun link download yang ditemukan.

Akhirnya, mau tidak mau saya harus menginstall di OS Windows. Sayangnya, setelah mencoba beberapa kali instalasi baik menggunakan wizard maupun dari Control Panel. Tapi beberapa kali pula prosesnya gagal.

“..... The local print spooler service is not running. please restart spooler or restart the system....”

Ternyata print spooler - nya tidak aktif. Saya kurang paham juga apakah ini karena virus. Tapi setahu saya belum ada virus yang masuk. Oya ini sepengetahuan saya lho :-D Intinya kita harus menjalankan file spooler.exe yang ada di windows.

Untuk mengatasi ini aku lakukan langkah berikut:
1. klik start > run > ketik services.msc
2. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties
3. pada startup type pilih automatic, kemudian klik start

Oke, setelah langkah ke-3 harusnya saat proses instalasi baik menggunakan wizard maupun control panel windows sudah dapat berjalan lancar. Jikalau masih ada kendala, coba copy paste file spooler.exe dari CD Windows ke folder windows/system32.

Selamat Mencoba ;-)

Post a Comment

0 Comments