Apa Perlu Pakai Task Killer?

Task Killer tidak diperlukan di Android, malah bisa bikin batere lebih boros. Loh kok, kenapa?

Karena Android adalah os yang bisa multitasking dan bekerja dengan metodologi tidak meng-kill task, tapi dengan menyimpannya ke memori karena barangkali suatu saat kita akan membuka lagi aplikasi tersebut. Contohnya Gmail, tidak ada tombol exit di aplikasi tersebut. Dan percaya atau tidak, sering sekali kita keluar masuk aplikasi Gmail. Jadi, daripada sistem harus load Gmail dari awal lagi setiap kita masuk ke aplikasi Gmail (memakan lebih banyak konsumsi baterai), lebih baik sistem hanya mengambil resource Gmail dari memori (RAM).

Lalu bagaimana kalau memori (RAM) android sudah habis karena banyak aplikasi yang sedang berjalan di background? Ingat Android adalah smartphone :D Sistem akan otomatis menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi (sudah lama tidak dibuka dan bukan aplikasi yang harus berjalan seperti alarm).

Dari sedikit poin di atas, bisa dilihat kalau Task Killer sebenarnya tidak diperlukan. Namun Task Killer terkadang diperlukan, tapi kapan? Task Killer diperlukan ketika kita membuka aplikasi yang kemudian secara terus menerus melakukan proses di background (cek lokasi via gps, koneksi internet, dll) tanpa ada cara untuk mematikannya. Nah kalo ini sih salah aplikasinya, mending lapor ke developernya tentang hal ini atau uninstall aplikasinya, cari yang lain.

Saran saya, untuk menghemat baterai jangan gunakan aplikasi yang otomatis mematikan Task. Kalau untuk melihat task yang sedang berjalan aja sih gpp, biar tau barangkali ada aplikasi yang bandel terus menerus nyalain gps atau lainnya. Kalau mau menghemat baterai, pake aja aplikasi yang fungsinya mengatur pemakaian internet, gps, intensitas cahaya layar, dan lainnya seperti Juice Defender

Ada protes? :D

oleh Master Droid di teknoup.com

Post a Comment

1 Comments

  1. balik lg Boss, ngeliat si Bos pake hp Robot Hijau sy jd pengen, akhirnya si s60v3 sy duakan
    Sy jg gak ngerti operasional task killer
    App wat mantau penggunaan data internet sperti 3G watch Dog ya

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda