Bikin Baterai Laptop Lebih Irit dengan Battery Optimizer

Baterai adalah hal penting bagi sebuah perangkat eletronik mobile. Tanpa baterai tentu perangkat mobile tidak dapat digunakan. Saking pentingnya, perawatan baterai pun harus diutamakan. Tak hanya gadget semacam Tablet dan Smartphone yang pemeliharaan baterainya yang harus baik, laptop maupun netbook juga demikian halnya.

Kali ini saya ingin mengenalkan aplikasi "Battery Optimizer" yang cukup mumpuni digunakan untuk membuat baterai laptop dan netbook jadi lebih irit. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi berbagai permasalahan penggunaan baterai dan menghemat penggunaannya dengan cara mematikan fitur - fitur laptop yang tidak penting dan bisa memboroskan penggunaan baterai.

Pada tahap awal, user dapat mendiagnosa penggunaan baterai. Setelah itu, aplikasi akan menayangkan hasil diagnosa dan langkah apa yang dapat diambil agar penggunaan baterai bisa lebih maksimal.

Namun perlu diingat, saat proses diagnosa berlangsung sebaiknya kita tidak sedang berkativitas lain dengan laptop semacam surfing internet maupun pengetikan. Karena Battery Optimizer akan mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan  termasuk wifi dan bluetooth. Dan juga harus dipastikan kalau baterai tidak sedang di-charge.


Fitur lainnya yang dapat dipilih pada aplikasi ini adalah Express Scanning Mode yang dapat melakukan diagnosa secara cepat. Namun jika ingin melakukan proses diagnosa secara menyeluruh kita bisa memilih Comprehensive Scanning Mode, tentunya dengan resiko memakan waktu yang cukup lama. Setelah kita memilih menu - menu tersebut aplikasi akan menampilkan estimasi berapa lama proses scanning akan berlangsung.

Oya, aplikasi ini tergolong shareware. Artinya tersedia program Trial untuk beberapa kali pemakaian namun selanjutnya kita diharuskan membelinya. Tapi jika tertarik, teman - teman bisa mengunduh file instalasinya disini :-) tentunya Gratis.

Post a Comment

5 Comments

  1. info yang sangat bermanfaat gan! Thanks

    ReplyDelete
  2. bagaimana cara uninstalnya?? lewat control pnel tidak bsa. mhon bntuan

    ReplyDelete
  3. mas setelah saya run diagnotic kan ada beberapa item/aplikasi yang bisa dimatikan untuk mengurangi konsumsi batery, nah setelah saya off kan, ternyata mouse saya tidak bisa berfungsi di salah satu colokan usb,,padahal awalnya bisa.... tu gimana ya solusinya?biar bisa balik seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa port usb nya di COntrol Panel. Atau coba update driver

      Delete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda