Menggunakan Google Docs Secara Offline

Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang merasakan manfaat adanya fitur Google Docs. Selain dapat membuat dan mengedit tulisan langsung, Google Docs juga berfungsi sebagai media penyimpanan. Ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki keterbatasan space penyimpanan di laptop maupun netbook. Selain itu, yang cukup saya gemari adalah fitur edit online yang bisa dilakukan oleh beberapa user. Fitur ini sangat memudahkan aktivitas pengelolaan dan administrasi di Bimbel yang saya kelola karena data tersimpan langsung di Web (On the cloud) dan bisa diakses dimana saja melalui berbagai perangkat (Laptop maupun smartphone).

Kabar baiknya, saat ini Google telah membuatkan versi offline dari Google Docs meski masih tahap beta. Dengan fitur ini, kita bisa menggunakan Google Docs meski tidak terhubung dengan internet. Sangat menarik bukan?

Hanya sayang, karena masih tahap beta kita hanya diizinkan untuk membaca saja dokumen yang tersimpan (Fitur View saja). Tapi Google berjanji untuk fitur mengedit dan membuat dokumen akan segera disediakan.

Bagaimana cara mengaktifkan Google Docs Offline ?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilik browser Google Chrome.

Lalu segera Login  ke akun Google Docs kamu di http://docs.google.com

Setelah itu klik icon Gear di pojok kanan atas lalu klik Set Up Docs Offline sehingga muncul kotak dialog "Allow Offline Docs". Selanjutnya kita akan diarahkan ke Chrome Web Store.

Klik saja "Add to Chrome" supaya Google Docs terpasang di browser kita.



Setelah terpasang langsung klik icon Google Docs nya. Sehingga masuk ke akun Google Docs kita. Kembali lagi ke icon Gear di pojok kanan atas, klik "View Offline Docs". Google Docs akan melakukan sinkronisasi dokumen yang bisa kita baca secara offline.


Beginilah tampilan Google Docs Offline. Semoga tak lama lagi kita sudah bisa membuat serta mengedit dokumen secara offline.


Post a Comment

0 Comments