Perkalian Bilangan Bulat

Bilangan bulat cukup menjadi momok untuk anak - anak sekolah dasar. Pasalnya, murid - murid saya yang di kelas 5 dan belum matang pemahamannya di kelas 4 juga masih ketakutan dengan bilangan bulat. Bingung, karena konsep dari awal yang diajarkan oleh guru mereka sebelumnya hanya doktrinisasi :-)

Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di materi sebelumnya cukup memudahkan pemahaman terhadap berbagai operasi bilangan bulat khususnya tambah dan kurang. Nah, materi berikutnya yang akan saya bahas disini adalah tentang perkalian bilangan bulat.

Kita yang sudah dewasa sejak SD sudah di doktrin bahwa setiap bilangan positif di kali negatif akan mempunyai hasil negatif. Lalu, negatif dikali negatif akan berhasil positif. Pernahkah dulu teman - teman atau adik - adik bertanya kepada gurunya kenapa hasilnya seperti itu. Adakah diantara guru - guru kita yang menjelaskan sebab musababnya kenapa setiap bilangan berbeda tanda jika dikalikan akan berhasil negatif ? Mungkin sangat - sangat sedikit.

Konsep bantuan kancing dua warna di materi sebelumnya kita lanjutkan ke materi perkalian bilangan bulat berikut. Mari simak video tutorialnya ;-)





Semoga membantu ;-)

Post a Comment

3 Comments

  1. Jadi inget penjelasan guru Sabila saat pembagian raport kemarin, katanya anak didiknya sekarang rata-rata masih kesulitan menghafal perkalian dan pembagian. Duh, padahal mereka sebentar lagi naik ke SMP ya?

    ReplyDelete
  2. terimakasih bos asik and bermanfaat bagi siswa para guru

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda