Nutrisi Makanan

Nutrisi adalah bahan organik yang dibutuhkan makhluk hidup untuk fungsi normal dari system tubuh, pertumbuhan , dan pemeliharaan kesehatan. Nutrisi disebut juga gizi. Setiap nutrisi atau gizi mempunyai fungsi yang berbeda. Tubuh kita menggunakan nutrisi untuk mendapatkan energy bagi pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Ada 7 kelompok utama nutrisi : karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air.
Karbohidrat
Karbohidrat adalah senyawa kimia yang tersusun atas karbon, oksigen, dan hidrogen. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting untuk sumber tenaga. Selain sebagai sumber energy, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, pembentuk struktur sel dan mengikat protein dan lemak.
Contoh Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti beras, kentang, jagung, singkong, gandum, selai, gula, madu, dan sirup. Jika kekurangan karbohidrat tubuh akan terasa lemah atau malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Kekurangan karbohidrat juga mengakibatkan darah akan bersifat asam yang disebut asidosis.

Karbohidrat terdiri dari 2 bentuk : simple dan kompleks. 

Karbohidrat simple mudah dicerna oleh tubuh dan dapat langsung menjadi tenaga atau energy.Karbohidrat simple dapat ditemukan pada susu dan produk susu, buah – buahan, madu, sirup, selai, dan jelly. Karbohidrat kompleks harus diolah menjadi karohidrat simple terlebih dahulu agar dapat diproses menjadi energy. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan di dalam roti, sereal, kentang, pasta, beras, dan biji – bijian lainnya.
 
Protein 
Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Makanan berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel – sel tubuh yang rusak termasuk sel tulang, kulit, dan hormone.
Makanan yang mengandung Protein

Manusia dapat memperoleh protein dari hewan dan tumbuhan. Protein yang berasal dari hewan dinamakan protein hewani. Protein yang berasal dari tumbuhan dinamakan protein nabati.

Bahan makanan dari hewan yang mengandung protein antara lain daging, ikan, unggas, keju, susu, dan telur. Bahan makanan dari tumbuhan yang mengandung protein antara lain kacang – kacangan terutama kedelai.

Lemak
Makanan yang mengandung Lemak

Lemak merupakan sumber tenaga selain karbohidrat. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan. Jika persediaan karbohidrat habis di dalam tubuh, lemak digunakan sebagai penggantinya. Lemak adalah zat yang mengandung minyak dan melekat pada daging. Lemak menghasilkan energy sebanyak 9 kalori, dua kali lebih banyak daripada karbohidrat dan protein. Selain sebagai cadangan energy, lemak juga menyalurkan atau melarutkan vitamin A, D, E, dan K.

Lemak dibagi menjadi 2, lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh berasal dari hewan, contohnya mentega, gajih, asam stearat. Asam stearate adalah lemak jenuh yang berasal dari hewan yang biasanya digunakan dalam pembuatan lilin, kosmetik, sabun, plastik, dan melunakkan karet. Lemak tak jenuh berasal dari tumbuhan dan berbentuk cair, seperti minyak kedelai, jagung, dan minyak kelapa.

Vitamin 
Vitamin adalah zat yang sangat penting bagu tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit. Bila kita kekurangan Vitamin akan menderita Avitaminosis ( menyebabkan ganguan metabolisme tubuh). Jika kelebihan vitamin akan menyebabkan Hipertaminosis.
Sayur dan Buah, banyak mengandung Vitamin

Fungsi vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme adalah perputaran zat pada makluk hidup yang mencakup proses Fisika dan kimia (proses perputaran tubuh). Metabolisme merupakan sejumlah sel reaksi kimia yang mendorong aktivitas sel. 

Ada beberapa jenis Vitamin yaitu Vitamin A, B, C, D, E dan K. Vitamin dapat kita peroleh dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin dibagi menjadi 2 macam yaitu Vitamin yang larut dalam air (Vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A,D,E, dan K). Vitamin yang larut dalam lemak( A,D, E dan K ) dapat di simpan dalan tubuh. Dan bisa berfungsi sebagai cadangan makanan.
 
Makanan yang Mengandung Vitamin A
Vitamin A adalah vitamin yang larut lemak yang di simpan terutama dalam hati. Ada 2 bentuk Vitamin A retinol dan betakarotin. Betakarotin adalah bahan anti oksidan yang berguna untuk menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel yang sehat dan meningkatkan resiko mempercepat proses penuaan. Retinol yang trerdapat pada dalam produk hewan. Contoh telur, susu dan ikan. Betakarotin yang terdapat pada produk tumbuhan. Contoh wortel, kangkung dan brokoli.Betakarotin terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang berwarna jingga dan hijau.

 Fungsi Vitamin A berguna untuk :
•    Meningkatkan daya tahan tubuh
•    Menjaga kesehatan mata
•    Menjaga kesehatan kulit.
 
Vitamin A juga memacu pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Kekurangan Vitamin A akan menyebabkan rabun senja.

Vitamin B mempunyai sifat tersendiri dan memiliki peranan biologis yang unik. Vitamin B biasanya disebut B komplek. Secara umum vitamin B berperan dalam menjaga kesehatan saraf, pencernaan dan pertumbuhan.  Vitamin  B mempunyai fungsi yang berbeda dan jenis makanan yang berbeda.

Jenis jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B 12,

Fungsi vitamin B 1 memelihara kesehatan otot dan saraf.  Jenis makanan B1 yaitu gandum  kacang tanah dan kedelai dan nasi. Kekurangan B1 menyebabkan susah tidur dan sulit berkonsentrasi , kerusakan syaf dan penurunan otot.

Vitamin B2 berfungsi untuk pertumbuhan anak perbaikan sel dan pemeliharaan jaringan. Jenis makanan yang mengandung vitamin B2 yaitu brokoli , keju dan susu. Kekurangan vitamin B2 adalah timbulnya masalah pada kulit, gatal pada mata dan sensitif pada cahaya.

Fungsi vitamin B3 untuk memproses zat sisa dan menguraikan asam lemak. Jenis makanan B3 yaitu daging , jamur, minyak ikan kacang tanah , kedelai dan gandum. Vitamin B3 akan bekerja secara efektif jika vitamin B1 dan B2 tersedia. Kekurangan B3 dapat menyebabkan otot melemah, pecah-pecah pada kulit dan timbulnya masalah depresi.

Fungsi B5 untuk memproses energi dari karbohidrat dan lemak. Vitamin B5 terdapat pada daging dan brokoli. Kekurangan B5 menyebabkan mati rasa pada kaki, kelelahan dan sakit perut.

Fungsi  Vitamin B 6 untuk memproses dan menyusun protein. Jenis makanan yang mengandung vitamin B6 yaitu pisang, daging dan kedelai. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan busung lapar, depresi, masalah kulit dan saraf.

 Fungsi B12 adalah untuk membentuk sel darah merah. Jenis makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu keju, telur, dan daging. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia.  

Vitamin C  merupakan vitamin yang larut di dalam air dan sangat penting. Fungsinya sangat penting bagi kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan luka. Vitamin C terdapat pada sayur dan buah-buahan. Jenis makanan yang mengandung vitamin c yaitu apel, pir, pisang, mangga, pepaya kubis , wortel b,kelapa, bawang putih dan sayuran hijau. Kekurangan Vitamin c dapat menyebabkan daya tahan tubuh berkurang, sulit tidur, sariawan, dan sakit pada persendian.

Vitamin D adalah vitamin larut lemak yang memainkan peranan dalam mengawal penyerapan kalsium, yang membantu perkembangan tulang dan juga sangat penting bagi pembentukan darah. Vitamin D  berguna untuk kesehatan tulang, otot dan gigi. Vitamin D merupakan jenis vitamin yang dapat di simpan didalam tubuh. Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk mengaktifkan provitamin D yang tersimpan dalam tubuh menjadi vitamin D. Jenis makanan vitamin D yaitu keju , kuning telur, susu, minyak ikan dan biji bunga matahari. Kekurangan vitamin D  dapat menyebabkan penyakit rakhitis pada anak serta dapat melemahkan otot dan tulang pada orang dewasa.

Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah kemandulan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah taoge, gandum, minyak, dan kacang – kacangan.

Vitamin K diperlukan dalam pembekuan darah. Kekurangan Vitamin K dapat mangakibatkan darah sukar membeku atau hemofilia. Bahan makanan yang banyak menadung vitamin K adalah hati, sayuran segar, susu, dan kacang kedelai.

Mineral
 
Mineral tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi dalam tubuh.

Beberapa macam mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya : kalsium, zat besi, posfor, yodium, dan Fluor.

Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Kalsium juga membantu dalam proses pembekuan darah. Contoh bahan makanan yang mengandung kalsium adalah susu, ikan, kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, dan telur.

Fosfor berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan juga membentuk tulang dan gigi. Bahan makanan yang banyak mengandung fosfor antara lain : kacang merah, jagung kuning, kacang mede, udang, daging ayam, dan sapi.

Zat besi atau Fe berguna sebagai pembentuk hemoglobin dalam darah. Hemoglobin bertugas mengangkut oksigen dalam tubuh. Jika kekurangan hemoglobin akan mengakibatkan orang menderita anemia (kurang darah). Contoh bahan makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain : bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, kacang panjang, hati, telur, dan daging.

Yodium diperlukan tubuh untuk membentuk hormon thyroxin. Kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran kelenjar gondok atau disebut dengan penyakit gondok. Bahan makanan yang banyak mengandung yodium contohnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain – lain.

Fluor berguna untuk mencegah karies gigi karena melawan sifat asam. Bahan makanan yang banyak  mengandung fluor contohnya air, teh, dan makanan yang berasal dari laut.

SeratSerat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air sehingga menjadi padat dan sulit di keluarkan dan mengakibatkan sembelit. Contoh makanan berserat sayur – sayuran dan buah – buahan.
 
AirAir adalah zat yang memegang peranan penting. 75% dari tubuh manusia terdiri atas air. Orang dewasa membutuhkan kira – kira 2,5 liter air setiap hari. Di dalam tubuh air berfungsi untuk :
•    Membantu pencernaan makanan
•    Melarutkan zat – zat dalam tubuh, seperti vitamin b dan c
•    Mengatur suhu tubuh
Apabila kekurangan air tubuh akan lemas. Air juga dapat diperoleh dari bahan makanan seperti buah.

Post a Comment

1 Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda